Cara Memperbaiki XAMPP - MySQL Shutdown Unexpectedly


Kali ini saya akan mengulas mengenai cara memperbaiki XAMPP - MySQL Shutdown Unexpectedly. Singkat cerita 1 bulan yang lalu ketika buka XAMPP terjadi error dimana saya tidak bisa start XAMPP saya. Saya sudah mencoba browsing tapi tidak bisa fix kan masalah ini. 

Saya sudah mencoba Hapus ibdata0, ibdata1 pas saya restart XAMPP-Mysql nya kembali error. Sehingga dikarenakan kebutuhan yang mendadak akhir nya saya install XAMPP dan harus merelakan puluhan database saya hilang.

---

Dan Hari ini saat saya buka XAMPP  lagi terjadi kasus yang sama, saat start Mysql tiba-tiba muncul pesan error "Shutdown Unexpectedly". Saya tentunya tidak ingin kehilangan database saya lagi untuk kedua kalinya, akhirnya saya browsing dan menemukan solusi terbaik yang Bekerja dengan Lancar, WORTH IT!

Langsung saja, check it out!


  1. Stop semua modul di aplikasi XAMPP  lalu Close aplikasinya.
  2. Pergi menuju direktori/ folder XAMPP kalian misal di Localdisk C://XAMPP atau direktori lainnya
  3. Selanjutnya masuk ke folder mysql
  4. Cari folder data , ubah folder tersebut menjadi data_lama
  5. Buat folder baru dan dinamai dengan data
  6. Cari folder backup, kemudian copy semua file yang ada disana paste-kan ke folder  data  yang sudah kalian buat.
  7. Copy semua folder database kalian (kecuali folder phpmyadmin) . Ingat folder database saja jangan sama file lainnya.
  8. Pastekan ke dalam folder data yang sudah kalian buat.
  9. Terakhir silahkan buka aplikasi XAMPP kalian lalu start modul Mysql  kalian
  10. DONE!
Seharusnya ketika kalian melakukan langkah tersebut masalah kalian bisa terselesaikan.

Lalu apa si yang bisa mengakibatkan seperti itu?

Menurut saya itu karena Kita mematikan laptop/ komputer tanpa mematikan modul XAMPP nya alhasil membuat XAMPP kalian seperti itu, seperti XAMPP saya sebelumnya juga. hehe

Okey, sekian tips dari saya!

Saya sengaja membuat post ini ajdi ketika saya kesulitan saya bisa menemukan solusi ini juga.



--------------------

*UPDATE

Ternyata database tetap ada tetapi beberapa tabel dan datanya banyak yang hilang T.T

Tetapi setidaknya kita tidak perlu install XAMPP lagi dan backup data aplikasi kita.

Post a Comment

0 Comments