[TUTORIAL]Cara Upload Vector dengan Gradasi CorelDraw ke Shutterstock agar Diterima Terbaru

Berbicara mengenai bisnis online yang masih worth it sampai saat ini mungkin tidak bisa jauh-jauh dengan yang namanya teknologi digital. Sekarang ini, banyak bisnis yang bisa dijalankan melalui perangkat pengolah digital seperti laptop, komputer, bahkan telepon genggam. Mulai dari usaha dagang, desain, jasa dan yang paling anjay adalah MLM. Tapi, sekarang ini sudah jarang sih yang MLM. Wkakak, sudahlah basabasinya...

Okey, seperti biasa saya akan menyampaikan hal yang layak kalian tahu atas perjalanan saya mencari trik-trik yang kali ini masih tentang Shutterstock. Berbicara tentang shutterstock memang tidak bisa jauh-jauh dari desain dan fotografi, tetapi kali ini yang saya akan bahas lagi adalah tentang Desain Grafis di Shutterstock.

Secara sederhana untuk upload desain di Shutterstock itu harus bisa Adobe Illustrator karena file EPS yang diterima hanyalah file convert dari Adobe Illustrator. Namun, bagaimana dengan orang-orang seperti saya yang terbiasa pake CorelDraw seperti ane? Ya, tetap harus menyesuaikan menggunakan aplikasi Adobe Illustrator untuk export EPS, namun penggunaan aplikasi AI hanya sebagai media untuk conversi dan desain tetap bisa menggunakan CorelDraw.

Pada postingan ane yang sebelumnya sudah saya jelaskan panjang lebar kali tinggi tentang cara Upload biar ter- Approve Shutterstock.

Cara Upload Desain ke Shutterstock agar Diterima

Nahh, senenng sih sebenarnya sudah bisa ter-approve di Shutterstock. Tapi, lambat laun saya merasa bosan (monoton) terhadap desain saya karena hanya bisa menggunakan warna solid, sulit bray, tidak bisa main gradasi dan shading. Nah ini adalah awal experimen saya, karena merasa bosan saya coba bikin desain bergradasi terus saya sesuaikan pake cara yang trik ane. Namun, pass di AI 10 malah objectnya berantakan anjay.

Terus saya diam.

Merenung.

Kok bisa.

Hingga akhirnya saya nyoba install AI CC 2015 karena saya berspekulasi mungkin karna aplikasi AI yang saya gunakan terlalu jadul makanya jadi amburadul bahrelway bahrelway objeknya. Setelah terinstall kita mulai dah step-stepnya :

#1. Buat Desain di CorelDraw

Langkah pertama tentu harus buat desain dulu, masak belum buat desain mau upload? wkwk. Nah jangan lupa setelah membuat desain di CorelDraw text yang ada di convert ke curve dulu (CTRL + Q). Nahh desain saya dibawah ini sudah saya beri gradasi di list warna pink-nya saya beri gradasi PINK MUDA - PINK GELAP. Ingat "GRADASI" bukan "TRANSPARAN" karena kalau pakai transparan otomatis ditolak gaes..

Ini saya pake CorelDraw Mode Dark ya maaf misal nanti agak sama tampilannya dengan AI karena juga saya menggunakan mode Dark.


#2. Setting Artboard
Setelah desain jadi selanjutnya buka aplikasi AI CC 2015 ya, lalu bikin artboard baru dengan bentuk persegi dengan luas lebih dari 4000 Pixel. Misal saya menggunakan 2500 x 2500 jangan lupa unitnya dibuat "pixel" ya..

#3. Copy Paste ke AI
Setelah artboard sudah siap selanjutnya blok object desain kita yang ada di CorelDraw. Selanjutnya, di-copy dan di-paste ke artboard AI. Ingat text perlu di-convert ke curve dulu (CTRL + Q).

#4. Sesuaikan Ukuran Objek dengan Artboard
Setelah objek di paste di artboard selanjutnya sesuaikan ukuran objek dengan artboardnya. Ingat "JANGAN SAMPAI MELEBIHI UKURAN ARTBOARD" usahakan walaupun tidak melebihi tapi agar rapi.


#5. Save As EPS
Langkah terakhir dari proses ini adalah Save As ke EPS 8, selama ini saya menggunakan EPS 8 dengan settingan seperti berikut :

OK mungkin seperti itu, selanjutnya tinggal kita upload di Shutterstock ya gaes..
Nahh, berikut hasil setelah diupload.
Ternyata berhasil dengan sukses ya gan. Tinggal tulis deskripsi dan submit ya.
Demikian pembahasan saya terhadap cara Upload Desain dengan Gradasi CorelDraw ke Shutterstock.

Post a Comment

0 Comments