Cara Upload / Submit Vector ke Shutterstock agar Diterima (Approved) dengan CorelDraw Terbaru 2019

Sebelum lebaran 1440 H saya sengaja buat post ini dikarenakan kegalauan pala Vector Artist yang mengumpulkan uang melalui salah satu microstock yaitu Shutterstock. Buat agan-agan yang berkecimpung di dunia desain grafis, siapa sih yang tidak tau Shutterstock? Shutterstock merupakan salah satu microstock yang sangat Worth It di tahun ini. Shutterstock mmerupakan website microstock yang menjadi salah satu tempat penjualan karya (artwork) melalui online. Karya yang diterima Shutterstock yaitu berupa foto, gambar jpeg, vector, dan video.

Sebelum karya Anda dapat dijual melalui Shutterstock Agan perlu upload karya anda melalui website Shutterstock. Setelah Anda Upload ke website Shutterstock, kemudian pihak Shutterstock akan mereview karya Agan, apakah diterima atau tidak. Jika Agan main di Fotografer biasanya yang menjadi alasan ditolak yaitu seputar : gambar tidak fokus, over saturation, dan kualitas gambar kurang layak. Khusus Agan yang bermain di Vector seperti saya biasanya sih biasanya alesan ditolaknya karena : artwork (objek) melebihi artbboard (lembar kerja), ada objek diluar artboard, artboard lebih dari satu, dan karya mirip dengan karya orang lain.

Bagi pengguna CorelDraw sebelum Tahun 2019 sebenarnya untuk upload Vector di Shutterstock cukup mudah untuk dilakukan, caranya yaitu seperti Postingan Cara Upload Vector Coreldraw yang saya buat dulu. Namun, sekarang ini untuk upload vector di Shutterstock sangat sulit khusuzon untuk Corel User kayak saya.

Kebijakan baru Shutterstock untuk upload vector dimana sudah tidak perlu lagi upload JPEG. Pada awalnya sih saya seneng soalnya tidak perlu export 2x yaitu EPS dan JPEG. Tapi ternyata ada masalah baru yang membuat sangat ribet. Bagaimana tidak? saya sudah eksport 20 file EPS (7 MB) dengan artboad sebesar 5000 x 5000 pixel sudah saya upload walaupun agak aneh ketika upload karena terasa sangat cepat, ketika masuk ke dashboard submit, terus klik "Refresh Now" ternyata semuanya gagal ter-upload dengan alasan File Kurang dari 4 MP (Mega Pixel). What The ....... ups puasa.

Nahh, akhirnya saya browsing tanya sana sini, dan tidak nemu jalan keluar jika harus upload langsung EPS dari CorelDraw.

Pasal 1 Setiap Upload EPS WAJIB Convert-an dari Adobe Illustrator
Setelah saya bereksperimen dengan kegagalan-kegagalan saya akibat kebijakan baru Shutterstock, akhirnya saya menemukan cara buat submit vector kita tidak error atau bermasalah. OK, yang perlu kita lakukan setelah eksport EPS dari CorelDraw kita yaitu dengan convert dengan Adobe Ilustrator agar menjadi EPS 10 atau 8 tapi saya lebih sering OK yang EPS 10.

Pasal 2 Gunakan Adobe Illustrator 10 (INGAT VERSI 10 BUKAN CS6 ATAU CC)
Well, why I choose Adobe Illustrator 10? Ye karena yang versi CC berat bangettttttttttt gan, ya maklumlah laptop jadul core i5 tapi ram 4gb doang. Sebelumnya saya nyoba pake Adobe Illustrator CC tapi malah berat banget sampe males respon laptop saya jadi lemot.

Pasal 3 Convert EPS CorelDraw into EPS AI 10 (INI YANG PALING PENTING)
Oke, tahapan ini adalah tahapan yang paling penting untuk upload vector biar tidak error.

1. Buka Adobe Illustrator 10
2. Open EPS yang telah Agan export dari CorelDraw
3. Lalu Buat Lembar Kerja Baru (File ->New Dokumen)
Dalam membuat Lembar Kerja kita perlu memperhatikan Height dan Width. Berdasarkan kata temen-temen sih alangkah baiknya dibuat persegi atau sama ukuran tiap sisinya. Mengapa saya memilih 2200 x 2200 Pixels? jadi sebelumnya saya udah nyoba set 5000 x 5000 tapi hasilnya sih terlalu besar sampai hampir 50 MB -_______-''. Jadi Intinya Agan perlu sesuaikan Height dan Width-nya agar ukurannya sesuai dengan kebijakan Shutterstock yaitu lebih dari 4 MB tapi saya sarankan kisaran 6-8 MB.

  

4. Objek pada EPS dari Corel kemudian di-copy dan paste-kan pada Lembar Kerja Baru.
Nah, karena tadi kita buat lembar kerja 2200 x 2200 maka objek vector-nya tidak boleh melebihi ukuran artboard nya. Oleh karena itu, saya pada akhirnya setting ukurannya menjadi 2170 x 2170. Untuk setting ukuran objek di Adobe Illustrator (AI) 10 kita perlu mengaktifkan menu Transform-nya yaitu dengan cara klik menubar Windows kemudian klik "Transform". Setelah itu sesuaikan dengan ukuran tadi. Jadi, ukuran Objek HAMPIR SAMA dengan ukuran Artboard, jangan terlalu KECIL atau bahkan LEBIH BESAR.


5. Save As EPS versi 10
Nah untuk ini, settingan yang saya gunakan yaitu sebagai berikut :





Setelah kalian Eksport tinggal kalian Upload Dahh di Shutterstock. Keep Trying and Never Give  Up!

Untuk Trik Submit dan Deskripsi-nya Bisa Baca DISINI. Tapi, cara uploadnya pake yang saya jelaskan di postingan ini ya...

Salam Desain Grafis!

Semoga Sukses


Post a Comment

2 Comments

  1. Sangat membantu, says juga beberapa Kali nyoba upload gagal terus sample pingin nangis T.T

    ReplyDelete
  2. Thank you Mas, sukses ya....

    ReplyDelete