MAKALAH FASILITAS INTERNET

BAB I
PENDAHULUAN

Kehadiran internet sebagai buah dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, sudah bukan perkara asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Mulai dari area perkotaaan hingga ke pelosok kampung sudah terjamahi oleh canggihnya teknologi informasi. Mulai dari anak-anak hingga orang tua sudah banyak menggunakan fasilitas yang ditawarkan oleh internet, baik untuk mengirim surat elektronik, membaca berita, menonton video live streaming, mengerjakan kuis online, mengirim tugas kepada guru/dosen, atau hanya sekedar bermain-main dengan jejaring sosial dan game online. Kehadiran internet yang semakin marak menjadi bukti bahwa laju informasi di abad sains dan teknologi serta globalisasi ini semakin deras, sangat cepat, dan sulit untuk dibendung.
Bayangkan, baik disengaja maupun tidak, beragam informasi diterima masyarakat dalam waktu kurang dari ukuran detik. Coba saja tengok saudara kita di berbagai pelosok daerah sana, mulai dari gaya berpakaian, gaya rambut, cara bicara, dan semua atribut yang dipakai oleh mereka sudah mengikuti trend kota bahkan luar negeri. Internet tidak hanya menghadirkan manfaat bagi masyarakat, tapi terdapat pula konsekuensi dari efek negatifnya yang tidak kalah penting untuk kita perhatikan. Sehingga, diperlukan cara berpikir dewasa yang bijak dalam mengelola dan menggunakan internet. Bijak dalam menggunakan internet akan lebih produktif dan memberikan manfaat bagi setiap penggunanya, seperti memperluas cakrawala, media entrepreneurship, dan manfaat-manfaat lainnya.
Kemajuan teknologi khususnya di bidang internet perlu disikapi dengan bijak, sebab kemajuan tersebut memiliki dampak positif dan negatif. Internet bisa dikatakan sebagai media globalisasi atau bisa dikatakan peradaban satu kebudayaan, sehingga banyak budaya-budaya yang masuk dari luar baik yang bersifat baik maupuan bersifat buruk. Namun, itu tentunya tergantung dari pemakainya, sehingga penggunaan internet secara bijak perlu ditekankan.




BAB II
PEMBAHASAN

A.    FASILITAS/LAYANAN PADA INTERNET

1.      BROWSING/SURFING :
sebuah layanan pada internet yang berfungsi untuk menampilkan suatu situs/website guna mencari suatu informasi.
Program yang digunakan untuk browsing/surfing adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Netscape Navigator.
Untuk melakukan browsing harus mengetik alamat website pada address. Misalnya : www.detik.com, www.rotten. com, www.invir.com, www.puspendik.com, www.plasa.com, www.geocities.com, www.yahoo.com
2.      EMAIL (Electronic Mail)
sebuah layanan untuk pengiriman surat elektronik. Untuk mengirim email kita harus mempunyai email (mailbox). Untuk membuat mailbox melalui website tertentu yang menyediakan layanan tersebut. Yahoo.com, plasa.com, telkom.net, doramail.com, dll.
3.      MAILING LIST
sering disebut dengan milis, yaitu layanan internet sebagai pengembang an dari email yang difungsikan untuk berdiskusi. Melalui milis kita dapat menyampaikan pengumuman seperti lomba pidato, olimpiade math, science, artikel menarik, dll.
Setiap email yang dikirim akan disampaikan kepada seluruh anggota shg mendapatkan informasi.
Untuk mendapatkan layanan milis kita dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh www.yahoogroups.com



4.      INTER RELAY CHAT (CHATTING)
adalah fasilitas yang diguna kan untuk melakukan perbincangan atau bercakap-cakap melalui internet menggunakan teks atau sering disebut dengan chatting.
5.      NEWSGROUP
adalah aplikasi internet yang berfungsi untuk berkomunikasi antara satu dgn yg lain guna membahas suatu topik dalam sebuah forum. Grup-grup akan menjadi sarana pertemuan jarak jauh secara elektronik. Contoh : diskusi tentang Indonesia alt.culture.indonesia, soc.culture.indonesia; tentang internet alt.internet; tentang serial tv : alt.tv.x-file, alt.tv.xena, tentang hobi : alt.filateli.rec.collection.stamps
6.      FILE TRANSFER PROTOCOL (FTP)
adalah fasilitas untuk mengi rim suatu file yang disertakan melalui email. File yang dikirim dapat berupa file naskah (word), gambar, animasi, musik dll.
7.      TELECONFERENCE
adalah fasilitas internet yang juga digunakan untuk berbincang-bincang dengan cara yang kompleks yaitu mulai dari suara hingga gambar, shg seolah-olah kita dapat langsung berhadapan dengan lawan bicara. Fasilitas ini merupakan pengembangan dari chatting. Komputer yang digunakan untuk teleconfe-rence harus dilengkapi dengan web camera, sound card, tv tuner, VoIP.
Fasilitas ini sangat cocok untuk melakukan rapat atau perte-muan jarak jauh karena bisa saling memandang dan mendengar secara langsung.
8.      INTERNET TELEPHONY
yaitu fasilitas untuk berkomunikasi dgn suara melalui internet menggunakan pesawat telepon. Pulsa yang dibayar sama dengan pulsa internet walapun dilakukan secara SLJJ atau SLI. Software yang digunakan untuk telephony adalah Net2phone, buddytalk, media ring talk dll.



9.      INTERNET FAX
Internet juga dapat digunakan untuk mengirim faximili yang secara umum dilakukan melalui mesin faksimili. Biaya yang dibebankan adalah biaya lokal atau sama dengan internet. Fasilitas ini sangat mempermudah para sekretaris perusahaan untuk mengirim faksimili dalam jumlah yang banyak.

B.     SISI POSITIF DAN NEGATIF INTERNET

Pemerintah Indonesia mulai mendorong kepada seluruh warganya untuk meggunakan media Internet seperti yang dilakukan oleh Depkominfo yang mensponsori penayangan berbagai iklan di media televisi, tapi apakah penggunaan Internet dapat memberikan manfaat positif atau malah dapat berdampak negatif pada para penggunanya masih belum dipastikan, seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa ada banyak manfaat positif yang didapat dari penggunaan media Internet, tapi ada juga beberapa dampak negatif yang dapat dialami oleh para pengguna Internet.
·         Sisi positif
Pada awalnya orang awam dengan teknologi informasi menggunakan internet untuk sarana hiburan saja tetapi dalam perkembangannya, pengguna lebih cerdas dalam memanfaatkan teknologi dunia tanpa batas ini. Internet telah menyentuhaspek kehidupan manusia. Adanya jejaring social pun memungkinkan terjadinya pertukaran informasi tentang ilmu pengetahuan dan teknologi bagi para pelajar. Begitu pula dengan transaksi perbankan, listrik pembelian tiket, toko online dan lain – lain. Tempat dan waktu bukanlah masalah lagi bagi para user untuk melakukan trannsaksi.
·         Sisi negatif
Kemudahan akses internet membawa masalah yang cukup rumit juga. Tidak adanya batasan minimal usia dan kurangnya pendampingan dari sisi orangtua, dimana celah bagi anak-anak untuk membuka situs-situs yang tidak sesuai, dan hal ini merupakan warning sekaligus tanatangan bagi para orang tua untuk memberikan filter bagi anak – anaknya saat mengakses internet. Terlepas dari apapun, setiap perubahan teknologi akan memberikan resiko yang perlu mendapatkan perhatian dari semua pihak. Kelemahan lain dari internet adalah kekuatannya untuk menjaukan orang – orang dari dunia nyata . Clifford stoll seorang pengarang buku mengenai internet menyatakan bahwa masalahnya adalah waktu tiga atau empat jam habis hanya untuk berdiam di depan komputer tetapi tidak dengan keluarga
C.    BIJAK MENGGUNAKAN INTERNET

Internet membuka cakrawala seluas-luasnya bagi masyarakat, terutama para pelajar dan mahasiswa dalam mencari data literatur seperti diktat-diktat elektronik hingga jurnal-jurnal ilmiah yang bisa diunduh, atau mencari informasi terkini yang berkaitan dengan studi di luar negeri. Banyak lembaga-lembaga pendidikan resmi di luar negeri yang menyediakan kursus-kursus gratis atau free online course materials melalui internet, salah satu contohnya seperti MIT Open Course yang disediakan oleh institut terbaik dunia, Massachusetts Institute of Technology (MIT). Semua kajian sains murni dan terapan tersedia lengkap di sana, tersaji dalam bentuk video maupun e-book yang bisa kita unduh. Selain itu, kita bisa berkunjung ke halaman-halaman lembaga penelitian resmi dari dalam maupun luar negeri seperti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Scientific AmericaNational Geographicmaupun harian sains terkenal seperti Science DailySymmetry Magazine dan masih banyak lagi situs-situs yang bisa membantu kita dalam mengawasi kondisi sosial, budaya hingga perkembangan sains dan teknologi dalam mewujudkan kesejahteraan manusia.
Sebagai mahasiswa, saya merasakan manfaat yang luar biasa dengan hadirnya internet, terutama dalam memuaskan hasrat membaca dan memperkaya wawasan. Apabila selepas kegiatan perkuliahan tidak ada tugas, biasanya saya menyempatkan diri mengunjungi situs-situs seperti Scientific America, Higher Intellect, National Geographic, Astronomy and Astrophysics atau situs universitas di luar negeri untuk mengunduh notes, materi kursus, dan buku-buku elektronik yang bisa membantu menambah referensi dalam belajar fisika sesuai dengan latar belakang pendidikan saya, atau hanya sekedar menikmati suguhan berita dan artikel sains terkini yang dipoles dengan sentuhan jenius. Terkadang juga, saya mengunjungi beberapa link jurnal ilmiah yang direkomendasikan oleh pihak universitas dan menulis beberapa artikel di blog pribadi atau situs lain untuk berbagi informasi kepada khalayak ramai.
Internet adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menjelajah dunia, atau memandu sebelum kita berangkat ke suatu tempat. Kita bisa menikmati keragaman suku, ras, budaya, bahasa dan foto-foto panorama alam dari setiap negara di berbagai belahan dunia, atau mencari tempat penginapan yang strategis dengan wisata kuliner yang cocok dengan lidah dan isi perbekalan kita sebelum melakukan perjalanan. Semua bisa kita lakukan hanya dengan duduk manis di depan layar monitor dan memainkan sebuahcursor, bahkan bisa diakses di mana saja dan kapan saja dengan perangkat-perangkat yang semakin canggih seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, mulai dari fasilitas internet yang tersedia di dalam handphone maupun perangkat lain seperti tablet yang semakin marak di pasaran. Bisa kita bayangkan besarnya luasan cakrawala yang bisa kita peroleh melalui internet.



BAB III
KESIMPULAN

Internet membuka cakrawala seluas-luasnya bagi masyarakat, terutama para pelajar dan mahasiswa dalam mencari data literatur seperti diktat-diktat elektronik hingga jurnal-jurnal ilmiah yang bisa diunduh, atau mencari informasi terkini yang berkaitan dengan studi di luar negeri. Banyak lembaga-lembaga pendidikan resmi di luar negeri yang menyediakan kursus-kursus gratis atau free online course materials melalui internet, salah satu contohnya seperti MIT Open Course yang disediakan oleh institut terbaik dunia, Massachusetts Institute of Technology (MIT). Semua kajian sains murni dan terapan tersedia lengkap di sana, tersaji dalam bentuk video maupun e-book yang bisa kita unduh. Selain itu, kita bisa berkunjung ke halaman-halaman lembaga penelitian resmi dari dalam maupun luar negeri seperti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Scientific AmericaNational Geographicmaupun harian sains terkenal seperti Science DailySymmetry Magazine dan masih banyak lagi situs-situs yang bisa membantu kita dalam mengawasi kondisi sosial, budaya hingga perkembangan sains dan teknologi dalam mewujudkan kesejahteraan manusia.
Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi bukan berarti kita terjebak oleh peradaban. Tidak sedikit mereka yang masih menghabiskan waktu hidupnya dengan berpoya-poya dengan teknologi, tidak bergerak dari jejaring sosial, dan menjadi konsumer yang tertidur lelap oleh teknologi-teknologi hasil karya orang lain di saat semua orang bersaing dalam menciptakan inovasi-inovasi terbarukan lainnya. Budaya ini bisa menjadi ancaman apabila kita biarkan. Kemutakhiran teknologi seharusnya kita hadapi dengan budaya produktif. Penggunaannya harus dapat dipertanggungjawabkan, memilikivisionary, dan adanya upaya inovatif untuk meningkatkan produktivitas. Misalnya mengamati perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui internet beserta kendala-kendalanya untuk kita pikirkan.




Jendela dunia terbuka lebar melalui internet. Dengan demikian diharapkan bisa membantu para intelijen kita dalam berinovasi dan bersaing di kancah internasional untuk menghasilkan pemikiran-pemikiran besar yang bisa merubah peradaban ke arah yang lebih baik. Saya tidak percaya Indonesia tidak mampu melakukanya, karena Indonesia memiliki generasi-generasi bangsa yang cerdas. Indonesia memiliki lilin-lilin kecil yang siap menerangi dunia dan menjawab permasalahan-permasalahan yang menimpa bumi ini. Bijak dalam menggunakan internet harus terus ditanamkan dalam diri masyarakat agar bermanfaat dan bisa menghasilkan sesuatu yang produktif bagi dirinya dan orang lain. Mulailah bijak menggunakan internet dari sekarang!


DAFTAR PUSTAKA




Post a Comment

0 Comments