Cara Mengganti Icon Folder di Windows 7, Windows 8, Windows 10

Mungkin kita merasa bosan dengan tampilan folder kita di Windows 7, Windows 8, Windows 10 yang kesannya hanya itu-itu saja. Padahal ada beberapa folder yang kita prioritaskan bukan? So, mengapa kita tidak mengganti icon folder kita sehingga sesuai dengan kehendak kita sehingga memudahkan kita dalam mencari folder yang kita inginkan. Terlebih dengan mengganti folder dengan gambar keinginan kita membuat folder terlihat menarik.

Okey, langsung saja begini caranya ya:

Pertama
Kita siapkan terlebih dahulu desain folder kita, biasanya sih saya menggunakan CorelDraw. Misalnya seperti berikut desain yang saya buat.





 Kedua
 Selanjutnya desain yang telah kita buat kita Export ke ekstensi .PNG. Kenapa PNG ? yaitu agar background dari desain kita menjadi transparan sehingga lebih mantaps.




Ketiga
Setelah kita simpan desain kita ke file .PNG, kemudian kita buka website converter PNG ke ICO. ICO merupakan ekstensi yang bisa digunakan sebagai icon folder. Untuk menuju websitenya bisa klik DISINI. Kemudian Kita klik tombol "Choose File" kemudian pilih file desain yang telah kita buat. Kemudian, kita klik "Upload".




Keempat
Setelah kita klik "Upload" selanjutnya kita Scroll ke bawah sehingga kita menemukan tombol Convert ICO. Kita klik tombol "Convert ICO" tersebut.




Kelima
Setelah kita klik Convert setelah beberapa saat kemudian muncul tombol "Download your icon(s)". Untuk mendownload desain kita dengan format ICO. 





Keenam
Kemudian kita cari folder yang akan kita ganti iconnya. Kemudian kita klik kanan, lalu pilih "Properties".




Ketujuh
Pilih tab Customize, lalu klik "Change Icon...", dan klik "Browse"



Kedelapan
Kita cari file desain kita yang telah kita Convert menjadi .ICO biasanya di folder Download. Setelah ketemu kita klik icon kita lalu klik "Open". Kemudian Kita klik "Apply" dan terakhir klik "OK".



Dan Akhirnya, Selesai.  
Folder tadi sekarang sudah berganti iconnya. Mayan mantabs kan gan?


Cukup Mudah kan? Semakin mantaps tampilan folder kita tentunya.
Okey mungkin, demikian tutorial dari saya. Salam Blogger.

Post a Comment

0 Comments