Membuat Model Ikan Nemo (Badut) dengan Blender menggunakan Texture Unwrap

Melanjutkan artikel sebelumnya, kali ini saya akan memberikan tutorial membuat modeling blender "Ikan Nemo (Badut)". Seperti halnya sebelumnya, untuk membuat model tentu kita harus memiliki referensinya terlebih dahulu.
Contohnya adalah gambar berikut :



Nahh dari gambar itu kita bisa melakukan modelling

  1. Jadikan gambar tersebut menjadi background dengan cara tekan tombol "N" 
  2. Cari background, lalu centang, kemudian Add Image
  3. Setelah itu pilih file gambar yang akan dijadikan background
  4. Posisikan view kamera dari atas (Top) jika sudah emulated numpad tinggal tekan angka 7
  5. Setelah itu mulailah melakukan tracing menggunakan plane
  6. Jika seluruh bagian ikan sudah tertutupi plane maka selanjutnya yaitu memberikan unwrap
  7. Tambahkan 1 tampilan layar disamping kiri lalu ubah tipe tampilan menjadi "UV/Image Editor
  8. Klik icon Open Image, lalu pilih file image yang akan dijadikan tekstur
  9. Masuk ke Edit Mode, lalu tekan "U" dan pilih Unwrap
  10. Seleksi semua bagian atau tekan "A"
  11. Kemudian pastikan object yang terseleksi masuk ke dalam tampilan UV/Image Editor
  12. Jika sudah tampil selanjutnya yaitu menyesuaikan ukuran dari object dan tekstur UV>Image Editor
  13. Nah Selanjutnya agar tekstur unwrap tampil saat di render yaitu dengan cara ke moe "Object Mode"
  14. Tekan tombol "N" lalu klik Display
  15. Terakhir centang Texture Solid
  16. Setelah itu anda bisa menggemukkan badan ikan agar tidak terlihat gepeng
Nah dari proses tersebut kita bisa membuat wireframe-nya seperti ini

Sementara Hasil Final Rendernya seperti berikut :

Nahh mungkin sekian tutorial dari saya hehe :
Selanjutnya seperti biasa kita akan bagikan file project tentunya.
Kalian bisa klik button Download di bawah :

Post a Comment

0 Comments